Indonesia Punya

Saat ini sudah banyak barang buatan Indonesia yang bisa bersaing di pasar lokal. Berikut ini beberapa list barang-barang buatan Indonesia beserta sedikit info yang berhasil saya dapatkan.

Komputer

Advan, BYON, Forsa, Axioo
Keempat laptop ini memang perusahaannya milik Indonesia, tetapi hanya berupa rakitan dari komponen-komponen Laptop yang dikirim dari Taiwan.
Zyrex
Didirikan pada tahun 1996 dengan nama PT. Zyrexindo Mandiri Buana. Hampir semua komponennya buatan Indonesia. Dan pastinya juga dirakit di Indonesia.

Sepeda Listrik

BETRIX
Nama perusahaannya PT Betrix Indonesia, memproduksi sepeda listrik untuk kategori 200-235 watt. Betrix sendiri merupakan singkatan dari Bebek Listrik. Didirikan oleh orang Bandung, namanya Mario. Menggunakan perpaduan teknologi dari Jepang, Jerman dan Taiwan. Dibandingkan dengan sepeda listrik buatan cina yang saat ini juga marak di pasar Indonesia, Betrix saat ini telah lebih dari 8 tahun memimpin dari segi pasar dan teknologi kendaraan listrik roda dua.

Handphone

SPIRIT
Dikomandani oleh Samuel Kevin Wirianto. Pabriknya terletak di daerah Cikarang, Bekasi. Model yang paling diusung adalah S77, dengan andalan ponsel TV dan dual SIM card.
Nexian
Nexian adalah market leader di bidang penyedia perangkat telekomunikasi tetap (fixed) dan bergerak (mobile) di Indonesia sejak 2006.


Elektronik

Polytron
Merk elektronik ini mungkin sudah lama dikenal. Satu-satunya produsen barang elektronik lokal yang mapu bersaing dengan barang elektronik asing. Didirikan pada tahun 1975 dengan nama PT. Indonesia Electronic & Engineering. Kemudian saat ini namanya berganti menjadi PT. Hartono Istana Teknologi. Pabriknya berlokasi di Semarang dan Kudus.
Maspion
Berdiri pada tahun 1962 dengan nama UD Logam DKI, industri dapur rumah sederhana yang didirikan oleh Alim Husin dan rekannya Gunardi Go. Sejak itu, perusahaan telah secara bertahap membangun basis pelanggan dan mendapatkan pengakuan di industri sebagai kualitas dan produsen yang dapat diandalkan. Sekarang, perusahaan ini merupakan salah satu grup perusahaan Indonesia yang paling dihormati, dibentuk oleh keahlian dalam inovasi produk dan semangat kewirausahaan yang kuat dari para pendiri.

Motor

KANZEN
Nama perusahaanya PT Inti Kanzen Motor. Pemilik perusahaan ini ialah Rini Mariani Soemarno, mantan menperindag jaman presiden Megawati. Teknologi yang digunakan bekerja sama dengan Daelim, Korea. Dari hasil tes lab uji publik yang dilakukan Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terhadap 38 sepeda motor jenis bebek bermesin 100 CC selama periode Maret-Desember 2002 . Kanzen lulus bersama barisan motor-motor Jepang.
Garuda
Diproduksi oleh PT Anglo Sama Permata Motor. Tapi sayangnya perusahaan ini memiliki desain motor yang sama persis dengan motor yang dikeluarkan Honda tahun 2001. Akibatnya perusahaan ini ditutuntut oleh pihak Honda dan pada akhirnya ditutup pada tahun 2003.

Mobil

GEA
Berasal dari kata Gulirkan Energi Alternatif. Alasan penamaan ini karena mesinnya bisa menggunakan bahan bakar bensin premium dan bahan bakar gas. Mesinnya dibuat oleh BPPT dan casing mobil oleh PT. INKA Madiun. Mobil ini sudah diperkenalkan kepada publik saat Jakarta International Expo (JiExpo) 2008 tetapi belum ada pemasaran skala besar. Karena sampai saat ini masih dalam proses pengujian. Pengujian pertama pernah dilakukan dengan rute Madiun, Ngawi, Ponorogo, Pacitan dan Magetan sejauh 10.000 km. Dan hasilnya, mobil dapat melaju dengan kecepatan masksimal 85km/jam dan dapat berjalan pada jalan menanjak seperti di sarangan (sebenarnya tergantung yang nyetir juga). Apabila proses pengujian sudah selesai, rencananya mobil ini siap dipasarkan dengan harga 45-50 juta per unit.
Komodo
Mobil ini dikembangkan oleh PT. Fin Komodo Teknologi. Mobil Komodo ini telah siap dipesan oleh 15 Negara, mobil ini telah laku sejumlah 60 buah selama pameran berlangsung. Bagi yang ingin menginginkan mobil ini, mobil ini dijual dengan harga Rp. 60.000.000/ buahnya. Jika anda tertarik dengan mobil ini silahkan membuka websintenya langsung di http://www.finkomodo.com
Maleo
Dibidani oleh menristek BJ Habibie tahun 1996 dengan harga patokan ditarget tidak lebih dari 30 Juta agar terjangkau masyarakat, Habibie pun memutar otak untuk merancangnya mulai dari mesin yang berkapasitas 1300 cc, komponen lokal diatas 80%. Dan untuk mematangkan rencana tersebut dia menggandeng pabrikan mobil dari Australia untuk melakukan riset dengan satu unit mobil sebagai contoh telah dihasilkan. Namun sayang dana untuk itu kemudian tersedot oleh proyek mobnas Timor milik Tommy anak bungsu presiden Suharto, sehingga proyek mobnas Maleo pun terhenti.
Timor S2
Meskipun pada awalnya mengambil utuh KIA Sephia sebagai produk awalnya namun Timor telah menyiapkan sendiri rancangan Mobnas generasi keduanya yang dirancang oleh rumah desain Zagato Italia, namun terhenti juga langkahnya akibat Krisis Moneter 1998 dan kejatuhan rezim ayahnya.
Bakrie B-97
Grup Bakrie pun pernah menyiapkan mobil rancangannya berjenis MPV yang mana desain rancang bangun kendaraan ini telah dilakukan di Inggris, bahkan satu unit mobil contoh pun sudah dibuat dan diuji coba di sana, namun belum sempat keluar lagi-lagi tersandung krisis moneter tahun 1998 sehingga proyek tersebut tidak jadi dilanjutkan.
Macan
Kendaraan sejenis MPV dengan kapasitas mesin 1.800 cc dari PT. Texmaco, dengan menggandeng Mercedes Bens PT. Texmaco mengeluarkan kendaraan ini, dan satu unit prototype sudah dipamerkan di arena pekan Raya Jakarta pada pertengahan tahun 2001, tapi belum sempat diproduksi masal PT. Texmaco keburu gulung tikar.
Gang car
Dari PT. DI, meskipun bidang usahanya membuat pesawat tapi PT. DI juga membuat mobil imut berkapasitas 2 orang ditenagai mesin 125-200 cc yang didesain bisa masuk gang-gang sempit di perkotaan. namun sayang proyek ini tidak pernah terdengar lagi kabarnya sejak tahun 2003 setelah PT.DI dilanda kemelut dan merumahkan 9000-an karyawannya.
Marlip
Mobil listrik buatan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) memang fenomenal karena menggunakan energi alternatif selain BBM yaitu listrik.
Arina
Karya Universitas Negeri Semarang (Unnes). Bisa dibilang langkah berani yang diambil akademisi dengan menciptakan sebuah mobil mendahului Perguruan tinggi sains ternama di Indonesia seperti ITB dan ITS, dan desain bodynya juga lebih menarik dibanding Gea dan Marlip, Namun mengandalkan mesin motor 150 – 250 cc sebagai penggeraknya? Tampaknya pihak Unnes harus memikirkan mesin yang memiliki kapasitas silinder lebih besar namun irit untuk menggendong body berkapasitas 4 penumpang, minimal 500 cc.
Tawon
Diciptakan oleh produsen gas pertama di Indonesia PT Super Gasindo Jaya, dengan sumber bahan bakar bensin dan gas. Penciptanya merencanakan mobil ini untuk mengganti bajaj, hmmm.. cukup seimbanglah bila disandingkan dengan bajaj malah bisa dibilang lebih bagus, namun untuk dijual komersial apalagi dengan harga Rp 48 juta nggak menjamin mobil ini bisa diterima pasar.
Esemka Digdaya
Yah sesuai namanya mobil ini adalah hasil karya anak-anak SMK 1 Singosari Malang, kendaraan ini berjenis MPV dan siapa sangka mobil hasil karya anak SMK yang nota bene masih berumur 16-17 tahun ini begitu sempurna melebihi produk mobnas pabrikan lainnya dalam PPI 2009 Di Kemayoran Jakarta. Meskipun mesinnya masih menggunakan mesin eks Timor 1.500 cc itu cuma masalah kecil, karena tinggal menggantinya saja dengan mesin berkapasitas lebih besar dengan komponen lokal yang tinggi, dijamin harga jualnya akan terjangkau. Dua jempol untuk SMK 1 Singosari Malang.

0 comments:

Post a Comment

Home - - -
Copyright © 2010 On The Spot Update All Rights Reserved.